Thursday, August 18, 2016

Tips Agar Pensiun Lebih Sejahtera Di Usia 50 Tahun

Memasuki usia 30 tahun, tentu bakal terlintas pemikiran mengenai pensiun dan masa tua bersama keluarga anda. Ini memang cukup wajar, karena cepat atau lambat anda pasti akan mengalami masa pensiun dan sudah tidak bekerja lagi dikantor dan tempat bekerja anda sekarang.

Tak sedikit dari sebagian orang telah memiliki konsep tersendiri mengenai masa pensiunnya, akan tetapi tetap saja setiap orang mengharapkan masa pensiun yang lebih sejahtera. Oleh karena itu, jika anda ingin masa pensiun menjadi lebih sejah tera, maka mulai dari sekarang anda harus merencanakan lebih matang masa pensiun anda. Sehingga anda bakal memiliki waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan semuanya.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang mungkin bisa anda lakukan untuk mempersiapkan masa pensiun agar lebih sejahterasa bagi anda bersama keluarga tercinta.

1. Dimulai Sejak Dini
Jika anda ingin memiliki masa pensiun yang lebih sejah tera, maka mulai sekarang anda berpikir untuk menabung dan berinvestasi. Semakin banyak waktu anda untuk berinvesatasi, maka waktu untuk mempesiapkan pensiun yang anda miliki semakin banyak. Alangkah baiknya, jika anda tidak menunda dalam melakukan kedua hal ini. Anda bisa menyisihkan sedikit penghasilan anda untuk ditabung maupun untuk investasi.

2. Tabung lebih banyak
Tak ada salahnya juka jika anda menyisihkan sebagian penghasilan anda yang lebih banyak karena semakin banyak anda memiliki tabungan maka semakin cepat anda memiliki persiapan untuk masa pensiun anda. Coba anda lebih cermat dalam menghidari pengeluaran yang tidak perlu dan tidak penting. Sebaiknya anda lebih mengutamakan untuk menabung dari sebagian penghasilan anda.

3. Berinvestasi di luar dana pensiun
Ketika anda melakukan investasi untuk dana pensiun, maka tak menutup kemungkin akan ada sejumlak penalti saat menarik sejumlah dana tersebut sebelum terjadinya jatuh tempo. Sebaiknya anda menghindari hal-hal seperti ini karena bakal menimbulkan banyak kerugian pada masa mendatang. Coba anda melakukan investasi diluar dana pensiun anda tersebut.

4. Jangan membeli rumah mewah dan besar
Meskipun anda memiliki dana yang lebih untuk membeli sebuah hunian yang mewah dan besar, namun tak ada salahnya jika anda menghindari hal tersebut. Anda bisa membeli tempat tinggal yang cukup bagus dan layak untuk ditempat. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pembelian rumah dengan kebutuhan anda dan keluarga.

5. Pangkas pengeluaran yang tidak perlu
Sebenarnya ada banyak cara agar anda bisa berhemat serta dapat menambah jumlah tabungan untuk masa pensiun anda. Seperti misalnya dengan cara memangkas pengeluaran yang tidak perlu seperti misalnya tagihan telepon rumah, biaya berlangganan, hingga biaya perjalanan wisata, dan juga hobi.

No comments:

Post a Comment